Rahajeng Rahina Buda Cemeng Klawu

Hari Lingkungan Hidup Sedunia
05/06/2020
Rahajeng Rahina Saraswati
04/07/2020

Rahajeng Rahina Buda Cemeng Klawu

Rahajeng Buda Cemeng Klawu 🎉🕉🙏 Budha Cemeng Klawu Hari Keuangan.
.
Pada hari ini dipuja Bhaṭārī Śrī (Lakṣmī) / Bhaṭāra Sādhana sebagai Tuhan dalam fungsinya sebagai penuntun umat manusia dalam mencari dan menggunakan uang. Kata “Lakṣmī” (Śakti dari Viṣṇu) sendiri berarti kekayaan, dan karenanya setiap Iṣṭa yang dikaitkan dengan kekayaan atau yang paling kaya dari kekayaan dapat disebut Lakṣmī.
.
Pemujaan pada Bhaṭāra Śrī Sādhana itu bermakna untuk memuja Tuhan untuk memohon tuntunan spiritual agar umat manusia dapat menggunakan uang itu sebagai alat membangun kemakmuran yang berkeadilan dan mengingatkan umat manusia agar ia selalu ingat bahwa uang itu adalah alat bukan tujuan. Tujuan sesungguhnya adalah Śrī artinya membangun kemakmuran yang adil. Jadinya uang itu adalah alat atau media untuk membangun kesejahteraan lahir batin yang berkeadilan. Uang itu sering menjadi sumber percekcokan sebagai akibat dari penyalahgunaan uang tersebut. Cekcok karena uang disebabkan juga oleh kesalahan dalam memandang keberadaan uang itu.
.
Kalau uang itu dipandang sebagai sarana bukan tujuan, maka nilai kerukunan, persaudaraan dan nilai-nilai humaniora lainnya jauh lebih tinggi dari pada uang. Hari Budha Cemeng Klawu ini adalah sebagai hari untuk menguatkan sikap religiusitas sebagai landasan moral dalam mengelola uang agar ia dapat dicari dan digunakan secara benar dan tepat.
.
Hari ini umat Hindu di Bali disamping melangsungkan ritual keagamaan juga tidak melakukan transaksi tunai, bayar hutangpun sangat dihindari. Hal ini dimaksudkan sebagai suatu jeda untuk melakukan evaluasi terhadap kegiatan keuangan selama ini. Evaluasi ini dimaksudkan untuk merenungkan kembali tentang masalah-masalah keuangan yang telah dilakukan. Apakah ada hal-hal yang tidak tepat dilakukan atau ada hal-hal yang perlu dikembangkan agar masalah keuangan menjadi terkelola semakin baik.

  • filosofi_hindu